Beberapa Cara Memenangkan Persaingan Bisnis

Sobat Blogger semua , kali ini " Tips dan Tutorial " coba  membahas Beberapa Cara Memenangkan Persaingan Bisnis setelah saya searching dan diskusi serta berbagai survei disebutkan bahwa jumlah pencari kerja saat ini jauh lebih banyak dibanding jumlah penyedia lapangan kerja. Dampaknya jumlah pengangguran pun meningkat.

 Memulai bisnis adalah satu solusi paling hebat dan tepat untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Namun masalahnya sering kita jumpai calon pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk berbisnis lantaran persaingan yang dianggapnya terlalu berat. Berikut ini beberapa cara menjaga agar bisnis kita tetap sukses.

1. Partner
 Partner atau mitra kerja merupakan bagian terpenting dalam membangun sebuah bisnis utamanya dalam hal expansi bisnis. Partner adalah jembatan utama keberhasilan sebuah bisnis, kepercayaan yang diberikan memberikan efek yang sangat penting.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari mitra, maka Anda dituntut mampu mewujudkan rencana awal. Karena dari situlah akan terbangun kepercayaan dari mitra Anda.

2. Persaingan
 Cobalah melakukan analisa persaingan pasar untuk mengetahui siapa dan seberapa kuat lawan Anda. Hal ini penting dilakukan sebagai persiapan awal untuk menyusun strategi guna memenangkan persaingan yang ada.

Anda bisa mulai untuk menganalisa 4 hal penting dalam bisnis yakni Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Oppurtunities (peluang) dan Threats (ancaman) atau sering disingkat SWOT.

3. Pelayanan
 Pelayanan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Pelanggan tidak butuh banyak hal, mereka hanya butuh pelayanan dan kualitas.

Jadi, berikan servis / pelayanan terbaik Anda untuk menyakinkan konsumen bahwa Anda benar-benar peduli dengan mereka dan menginginkan mereka

4. Pelanggan
 Menjalin hubungan baik dengan pelanggan akan memberikan banyak manfaat bagi jalannya bisnis Anda kedepan.

Salah satu poin penting yang akan Anda dapatkan dari hubungan baik dengan pelanggan adalah Feedback, ya Feedback dari pelanggan akan menjadi kunci keberhasilan dalam mempertahankan bisnis.

5. Kualitas
 Perhatikan juga kualitas barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada pelanggan, seperti yang sudah saya katakan diatas, dimana para pelanggan Anda sebenarnya hanya butuh dua hal, pelayanan dan kualitas.

Bersaing di harga memang perlu, namun tidak harus mengorbankan kualitas barang atau jasa yang dijual, karena hal tersebut hanya akan membawa bisnis Anda pada kehancuran.

6. Lokasi
 Cara paling mudah mengurangi tingkat persaingan adalah dengan memilih lokasi bisnis yang strategis, yang jauh dari lapak pesaing Anda.

Akses yang mudah sebaiknya juga menjadi pertimbangan utama dalam menentukan lokasi bisnis, karena hal tersebut akan membuat bisnis Anda mudah dikenal dan dijangkau oleh masyarakat.

7. Konsep
 Konsep maupun perencanaan awal yang matang akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis kedepan atau minimal untuk mempertahankan agar bisnis Anda bisa tetap berjalan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan konsep, namun secara garis besar ada dua hal penting yang harus diperhatikan yakni selera dan daya beli masyarakat. Dari situ Anda bisa menentukan konsep seperti apa yang akan Anda jalankan.

8. Evaluasi dan Inovasi
 Jika semua hal sudah berjalan, maka kini saatnya melakukan evaluasi untuk melihat kekurangan dan kelebihan bisnis, jangan sampai menutup mata akan hal ini, jika tidak ingin bisnis Anda berhenti.

Bisnis membutuhkan invoasi, itu benar adanya agar bisnis Anda bisa bertahan lama, karena tanpa adanya inovasi, besar kemungkinan bisnis tersebut akan mati.

9. Promosi
 Promosi merupakan salah cara untuk memenangkan persaingan bisnis, dengan melakukan promosi akan membuat bisnis Anda semakin dikenal dan semakin meluaskan pasar.

Dengan bertambahnya potensi pembeli maka omset bisnis Anda juga akan berpotensi untuk meningkat, jadi tidak ada salahnya untuk memikirkan strategi pemasaran untuk meluaskan pasar pada bisnis Anda, misalnya dengan membuka cabang baru.

Langkah selanjutnya untuk memenangkan persaingan bisnis adalah fokus untuk mengembangkan merk, karena dari merk inilah akan membuat orang tertarik utnuk membeli produk yang Anda jual.

Sedikit tambahan dari Tips dan Tutorial tetaplah berusaha sekuat tenaga dan jangan pernah takut mencoba, karena kegagalan memberikan pengetahuan untuk meraih kesuksesan. Demikianlah Beberapa Cara Memenangkan Persaingan Bisnis. Terima Kasih dan terus berdoa  Salam Blogger Profesional.


Post a Comment

0 Comments