Sobat
Blogger semua , kali ini "Tutorial Blogger Pemula" coba
membahas tentang Mengenai Strategi Pemasaran Modern, setelah saya
browsing dan diskusi dengan kawan- kawan yang sudah berpengalaman di bidang blogger
tersebut.
Berbicara
Mengenai Strategi Pemasaran Modern, saat ini memang telah terjadi perubahan
besar dalam dunia bisnis. Media promosi adalah salah satu hal yang mengalami
perubahan drastis. Semakin dekatnya dunia maya dengan kehidupan sehari-hari
kita, membuat era digitalisasi tidak bisa kita hindari. Mau tak mau kita harus
mengikuti perkembangan ini jika ingin memenangkan pasar. Kalau kita tidak
mengikuti perkembangan teknologi yang ada, sudah pasti kita akan tergerus
secara perlahan.
Memahami
Strategi Pemasaran Modern dengan adanya perubahan pencarian informasi dan jug
acara berkomunikasi dengan orang lain ini, tentunya strategi pemasaran juga
mengalami perubahan. Kalau kita bisa memahami trend saat ini dan mampu
memanfaatkannya, maka kita akan bisa memenangkan pasar dengan mudah, berikut
ini hal hal yang patut di perhatikan :
1. Perubahan
Kebiasaan Konsumen
Dahulu
meletakkan iklan di media cetak dan elektronik sangatlah berpengaruh terhadap
penjualan sebuah produk. Pada zaman itu memang televisi dan media cetak seperti
koran adalah sumber informasi yang bisa mereka dapatkan. Sehingga masih banyak
orang yang melihat televisi ataupun koran.
Lalu
bagaimana dengan kondisi saat ini? seiring perkembangan teknologi di dunia maya
yang didukung dengan gadget yang semakin mumpuni, perilaku masyarakat tersebut
juga mengalami perubahan.
Tepatnya
sejak tahun 2007, banyak orang menggunakan internet sebagai tempat untuk
mendapatkan informasi. Semakin ke depan jumlah penduduk yang menggantungkan
internet sebagai sumber informasi semakin banyak pula. Maka tak heran jika
media cetak seperti koran sudah mulai ditinggalkan. Dari perubahan inilah yang
membuat strategi pemasaran kini beralih ke dunia online.
2. Media
Online Mulai Mendominasi
Seiring
perubahan perilaku masyarakat yang menggantungkan informasi dari dunia maya,
maka strategi pemasaran di internet mulai berkembang. Di awal tenarnya
penggunaan internet sebagai media untuk promosi yaitu tahun 2007, media online
belum bisa mengalahkan iklan yang ada di media elektronik maupun media cetak.
Namun di
tahun 2012, perubahan besar telah terjadi. Mengutip dari situs eMarketer, pada
tahun 2012, terjadi untuk pertama kalinya di Amerika Serikat iklan di dunia
maya mampu mendatangkan keuntungan jauh lebih banyak dibandingkan dengan iklan
yang dipasang di media cetak dan elektronik.
3. Brand
Ambassador dari Artis yang Mulai tergantikan
Dahulu
mendapuk seorang artis cantik atau tampan sebagai brand ambassador sebuah
produk mampu menarik minat masyarakat untuk membeli sebuah produk. Walaupun
kini masih dilakukan, ternyata mulai ada perubahan yang perlahan namun pasti
menggeser fungis ambassador ini.
Di dunia
maya seleb blog, selebtwit serta jumlah likes di facebook dengan jumlah yang
fantastis menjadi influencer bagi para konsumen. Mereka lebih menaruh
pekercayaan kepada orang-orang itu jika mengulas sebuah produk. Bahkan
kepercayaan itu lebih besar dibandingkan dengan menggunakan wajah cantik atau
gantik artis Indonesia yang dipajang di iklan TV.
4. Community
Talks yang Semakin Efektif
Menyalakan
televisi sebagai media hiburan memang tidak sepenuhnya ditinggalkan. Hanya saja
media masa ini masih kalah dibandingkan dengan media online. Akun media sosial
seperti facebook dan twitter menjadi tempat untuk menjalin komunikasi.
Jika ada
banyak orang yang membicarakan satu produk, maka kita akan tertarik untuk
mengetahuinya dan ikut-ikutan untuk berkomentar. Sudah banyak contoh produk
yang terkenal karena pembicaraan di media sosial, padahal iklan yang mereka
pasang di media elektronik tidak begitu menarik untuk dilihat.
5.
Terjadinya Komunikasi Dua Arah di Dunia Marketing
Dahulu dalam
dunia pemasaran, kita akan lebih banyak berbicara. Kondisi ini kini tidak
berlaku lagi, karena kita harus mengimbangi berbicara dengan mendengarkan apa
yang konsumen inginkan. Dengan mendengar itulah kita bisa mendapatkan feedback
sebagai bahan perbaikan produk itu ke depan. Itulah tadi beberapa perubahan
dari strategi pemasaran modern. Mau tak mau, suka tak suka, kita memang harus
mengikuti perubahan itu, karena pada dasarnya perubahan adalah suatu hal yang
kekal.
Demikian lah
Informasi dari Tutorial Blogger Pemula yang membahas tentang Mengenai
Strategi Pemasaran Modern, sekian dulu dan Cobalah saran saya di atas ,
teori tanpa praktek nihil , terima kasih. Salam blogger
0 Comments